Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Keuangan Dalam Arti Luas

Pengertian administrasi keuangan dalam arti luas

Pengertian administrasi keuangan dalam arti luas

Dalam artian sempit, administrasi keuangan selalu dihubungkan dengan urusan pendataan, catat mencatat, dan pengaturan alur dana. Secara lebih luas, administrasi dipahami sebagai bagian perusahaan yang melakukan pengelolaan dana secara menyeluruh baik dalam bentuk perencanaan, pengawasan, dan lainnya.

Apa saja pengertian administrasi keuangan?

Administrasi keuangan adalah proses pengelolaan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama. Agar sistem keuangan bisa teratur maka diperlukan budget atau anggaran.

Apa pengertian administrasi keuangan menurut para ahli?

Menurut Mamesah administrasi keuangan adalah : “Rangkaian kegiatan dan prosedur dalam mengelola keuangan secara tertib, sah, hemat, berdaya guna dan berhasil guna. (mengelola keuangan tersebut meliputi penerimaan-penerimaan dan sumber-sumbernya serta pembiayaan- pembiayaan)” (Mamesah, 1995 : 14).

Jelaskan apa tujuan dari administrasi keuangan?

Tujuan dari diadakannya administrasi keuangan pada dasarnya adalah untuk memproses serta mengatur keuangan dari sebuah perusahaan agar sistem keuangan yang terdapat dalam unit perusahaan itu bisa dilakukan dengan baik.

Apakah yang dimaksud dengan administrasi keuangan dan fungsi administrasi keuangan?

Administrasi keuangan dalam arti luas merupakan suatu kegiatan pengelolaan keuangan yang erat kaitannya dengan penggunaan dan pelaksanaan dana yang ada dalam suatu organisasi. Kegiatan pengelolaan keuangan berhubungan dengan perencanaan, regulasi, akuntabilitas dan pengawasan keuangan.

Apa saja yang termasuk dalam komponen administrasi keuangan?

Beberapa komponen tersebut terdiri dari Penganggaran Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Perencanaan Keuangan, Pencarian Keuangan, Pengendalian Keuangan, Pemeriksaan Keuangan dan Penyimpanan Keuangan.

Apa saja yang menjadi prinsip administrasi keuangan?

7 Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

  • Akuntabilitas (Accountability)
  • Konsistensi (Consistency) ...
  • Kelangsungan Hidup (Viability) ...
  • Transparansi (Transparency) ...
  • Standar Akuntansi (Accounting Standards) ...
  • Integritas (Integrity) ...
  • Pengelolaan (Stewardship)

12 Pengertian administrasi keuangan dalam arti luas Images

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Keuangan Dalam Arti Luas"