Pengertian Supervisi Klinis

Pengertian supervisi klinis
Supervisi klinis adalah bantuan profesional yang diberikan kepada guru dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajarnya yang difokuskan untuk memperbaiki perilaku /keterampilan dalam proses belajar mengajar yang bersifat spesifik/khusus.
Apa itu supervisi Klinis dan bagaimana cara pelaksanaan supervisi klinis tersebut?
Supervisi klinis merupakan proses tatap muka antara supervisor dengan guru yang membicarakan tentang mengajar dan yang berhubungan dengan mengajar dengan tujuan membantu guru dalam proses pembelajaran agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan supervisi klinis dan berikan contohnya?
Supervisi klinis adalah bentuk supervisi yang difokuskan pada peningkatan mengajar dengan melalui siklus yang sistematik, dalam perencanaan, pengamatan serta analisis yang intensif dan cermat tentang penampilan mengajar yang nyata, serta bertujuan mengadakan perubahan dengan cara yang rasional.
Apa saja yang menjadi ciri ciri supervisi klinis?
Suatu supervisi dapat dikatakan klinis, jika mengandung ciri seperti berikut: 1. Adanya pengamatan awal tentang diri guru yang akan disupervisi secara mendalam. 2. Observasi yang dilakukan pada proses supervisi sangat mendalam, sehingga menemukan data yang mendetail.
Apa tujuan dan fungsi supervisi klinis dilaksanakan di sekolah jelaskan?
Pada dasarnya tujuan umum supervisi klinis adalah (1) memberi tekanan pada proses "pembentukan dan pengembangan profesi"; (2) memberi respon terhadap pengertian utama serta kebutuhan guru yang berhubungan dengan tugasnya; (3) menunjang pembaharuan pendidikan serta untuk "memerangi" kemerosotan; (4) siswa dapat belajar
Siapa yang menjadi sasaran dari kegiatan supervisi klinis?
Seperti telah disebutkan sasaran supervisi klinis adalah perbaikan cara mengajar dan bukan pengubahan kepribadian guru. Biasanya sasaran ini dioperasionalkan dalam sasaran-sasaran yang lebih kecil yaitu bagian ketrampilan mengajar yang bersifat spesifik yang mempunyai arti sangat penting dalam proses mengajar.
Jelaskan dalam kondisi apa supervisi klinis dilakukan?
Supervisi klinis akan terjadi jika hubungan kolegial antara pengawas dan guru telah terjalin dengan baik. Tanpa prasyarat tersebut guru akan segan untuk meminta pengawas untuk melakukan supervise klinis terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran.
Mengapa supervisi klinis penting bagi profesi guru dalam proses belajar dan mengajar?
Menurut Archeson & Gall (1980) tujuan supervisi klinis adalah meningkatkan pengajaran guru di kelas lebih spesifik lagi, yakni (1) menyediakan umpan balik yang objektif terhadap guru, mengenai pengejaran yang dilaksanakannya, (2) mendiagnosis dan membantu memecahkan masalah-masalah pengajaran, (3) membantu guru
Langkah Langkah konsep supervisi?
pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu:
- Perencanaan. Kegiatan perencanaan mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan.
- Pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan nyata yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik. ...
- Evaluasi. ...
- Tindak Lanjut.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan supervisi?
Supervisi adalah usaha memberikan layanan kepada guru-guru baik secara individual atau kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran dan kurikulum (Sahertian 2000: 19).
Kapan waktu pelaksanaan supervisi?
Idealnya, supervisi dilaksanakan selama 2 kali dalam satu semester, di awal dan diakhir semester. Di awal semester, supervisi berfungsi untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di dalam kelas.
Apa alasan dari pemerintah pendidikan menggunakan supervisi klinis sebagai salah satu supervisi di pakai di sekolah?
2.1.3 Tujuan Supervisi Klinis Dalam Sahertian (2008:37) menyatakan bahwa tujuan supervisi klinis adalah membantu memodifikas pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif untuk meningkatkan pengajaran guru di kelas.
Apakah yang menentukan keberhasilan supervisi?
Faktor-faktor yang mempengaruhi supervisi adalah sebagai berikut : 1) Lingkungan masyarakat tempat madrasah berada, 2) Besar kecilnya madrasah yang menjadi tanggung jawab kepala madrasah, 3) Tingkatan dan jenis madrasah, 4) Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia, 5) Kecakapan dan keahlian kepala madrasah itu
Bagaimana ciri ciri supervisi yang baik?
Ciri-ciri Supervisi
- Sistematis, supervisi dilakukan dengan perencanaan, teratur, dan juga terus-menerus.
- Objektif, supervisi dilakukan sesuai dengan hasil data yang didapatkan dari observasi.
- Menggunakan instrumen untuk mendapatkan umpan balik berupa informasi yang mendukung langkah-langkah perbaikan di masa mendatang.
Apa tujuan dan manfaat supervisi?
Tujuan Supervisi Memperbesar kesanggupan guru untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi anggota masyarakat yang efektif. Membantu guru mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitasnya dan kesulitan mengajar belajar.
Apa tujuan peran dan manfaat supervisi?
Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru (dan staf sekolah yang lain) agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas, yaitu melaksanakan proses pembelajaran.
Mengapa diperlukan supervisi klinis?
Tujuan supervisi klinis adalah untuk membantu memodifikasi pola-pola pembelajaran agar mencapai keefektifan. Menurut Acheson dan Gall, tujuan supervisi klinis adalah meningkatkan proses pembelajaran yang dikelola guru di kelas.
Apa saja permasalahan yang terjadi ketika proses supervisi berlangsung di sekolah?
Apa Saja Permasalahan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah...
- Permasalahan Supervisi Pendidikan yang pertama sebaran Supervisor (Pengawas) tidak merata.
- Kompetensi Supervisor (pengawas) tidak merata.
- Kompleksitas Tugas Manajerial Seorang Kepala Sekolah.
- Budaya Mutu belum Terwujud.
Langkah langkah melakukan supervisi keperawatan?
2.10 LANGKAH SUPERVISI Supervisor menetapkan kegiatan yang akan disupervisi b. Supervisor menetapkan tujuan 2. Pelaksanaan Supervisi a. Supervisor menilai kinerja perawat berdasarkan alat ukur atau instrumen yang telah disiapkan. b. Supervisor mendapat beberapa hal yang memerlukan pembinaan.
Apa saja prinsip prinsip supervisi?
- Supervisi tidak boleh dilaksanakan dengan otoriter.
- Supervisi tidak boleh mencari cari kesalahan.
- Supervisi tidak boleh dilaksanakan berdasarkan tingginya pangkat.
- Supervisi tidak boleh terlalu cepat mengharapkan hasil.
- Supervisi tidak boleh lepas dari tujuan pembelajaran.
Post a Comment for "Pengertian Supervisi Klinis"